Jumat, 29 Juli 2011

Banjit "Bumi Kopi"

Kopi Lampung cukup dikenal baik di dalam negeri maupun luar negeri sebagai salah satu komoditi ekspor dari Propinsi Lampung. Sebagai salah satu komoditi andalan Propinsi Lampung, dan mempunyai ciri khas tersendiri dibanding kopi dari daerah lain maka keberadaan kopi lampung perlu terus di tingkatkan dan dilestarikan.

Banjit sebagai salah satu kecamatan di Kabupaten Way Kanan Propinsi Lampung merupakan salah satu daerah penghasil kopi sejak lama. Keberadaan tanaman kopi di wilayah ini didukung oleh tradisi masyarakat dan kondisi agroekologi yang sesuai yaitu berada di sekitar pegunungan Bukit Barisan yang sejuk dengan lahan yang relatif subur. Produksi kopi yang dihasilkan daerah ini mencapai 35% dari produksi kopi Kabupaten Way Kanan. Dengan kondisi demikian Kecamatan Banjit sebagai "Bumi Kopi" berperan penting dalam melestarikan ciri khas daerah ini.

Dalam upaya mempertahankan Banjit sebagai "Bumi Kopi" disatu sisi menghadapi tantangan yang tidak ringan. Tanaman kopi yang selama ini menjadi andalan bagi penghidupan sebagian besar masyarakat Banjit kini tidak lagi menarik. Harga kopi yang seringkali jatuh ketika panen dan tingkat produktivitas yang belum optmal menyebabkan turunnya tingkat pendapatan petani. Disisi lain membaiknya harga komoditi lain terutama karet telah mendorong sebagian masyarakat untuk beralih untuk menanam komoditi tersebut.Jika hal ini terus berlangsung Banjit sebagai "Bumi Kopi" mungkin hanya tinggal kenangan.

Kopi sebagai ciri khas daerah perlu terus dilestarikan, oleh karena itu semua pihak yang berkepentingan perlu bersama-sama mencari solusi permasalahan ini.

Upaya mempertahankan Banjit sebagai "Bumi Kopi" perlu dilakukan dengan menetapkan Banjit sebagai wilayah pengembangan kopi yang didukung dengan pengembangan pola agribisnis kopi bagi masyarakat Banjit. Dengan dikembangkannya pola agribisnis kopi maka nilai tambah komoditi kopi ini diharapkan dapat dinikmati oleh petani kopi di Banjit.

Semoga Banjit sebagai "Bumi Kopi" tetap lestari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...