Rabu, 20 Juli 2011

Belajar Dari Korea "Gerakan Desa Baru"

Pembangunan pedesaan memegang peranan penting terutama bagi negara berkembang termasuk Indonesia. Hal ini dikarenakan mayoritas penduduk tinggal di pedesaan yang umumnya berada dalam kemiskinan. Pembangunan yang telah dilaksanakan selama ini telah berhasil mencapai beberapa keberhasilan terutama dalam pembangunan fisik, namun hal ini belum cukup dalam mendorong masyarakat memanfaatkan peluang yang ada dipedesaan.

Belajar dari keberhasilan negara lain terutama Korea dengan Saemaul Undongnya, ada banyak hal yang mungkin bisa diterapkan dalam pembangunan daerah. Saemaul Undong merupakan gerakan pembangunan desa menuju kehidupan masyarakat yang lebih baik. Tujuan gerakan ini terutama ingin mengubah pola pikir masyarakat dalam menjalani kehidupan. Masyarakat diajak untuk membangun kemampuan diri sendiri sehingga menumbuhkan kepercayaan masyarakat akan potensi yang dimiliki, membangun mentalitas untuk bekerja keras bagi kehidupan yang lebih baik serta mampu bekerjasama yang baik dengan lingkungan.

Beberapa kunci keberhasilan Gerakan ini adalah (1) Adanya intervensi dan dukungan dari pemerintah, hal ini mencakup penyediaan berbagai bentuk layanan dan bantuan yang dimaksudkan untuk memperkenalkan sistem kepada masyarakat, (2) Mendorong partisipasi masyarakat secara luas, hal ini dikarenakan dalam rangka untuk mencapai tujuan diperlukan konsensus besar melalui komitmen kolektif terhadap upaya pengembangan masyarakat, (3) Jiwa Kepemimpinan, merupakan faktor penting bagi kesuksesan gerakan Saemaul Undong ini oleh karena itu pelatihan kepemimpinan menjadi penting, (4)Reformasi Spiritual, dimana gerakan ini sukses mengubah sikap masyarakat dari malas menjadi rajin, dari ketergantungan menuju kemandirian, dan dari sifat ego menjadi kerjasama dengan orang lain.

Aspek penting lainnya dari Saemaul Undong adalah terkumpulnya dana publik yang digunakan untuk mendanai proyek-proyek yang telah ditentukan oleh mereka sendiri. Konsep berbagi tanggungjawab untuk pengembangan masyarakat bertujuan untuk memperkuat lingkungan terdekat, kolektivitas, dan solidaritas,yang juga berusaha untuk mencapai kemakmuran ekonomi.

Semoga Bermanfaat.......

Sumber:
Chang Soo Choe, Ph.D. 2005. "Key Factor to Successful Community Development: The Korean Experience" Discussion Paper No.39

Erizal Jamal. 2009. "Membangun Momentum Baru Pembangunan Pedesaan Di Indonesia". Jurnal Litbang Pertanian, 28 (1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...